Wabah Corona, Gus Menteri Imbau Masyarakat Desa Waspada

Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengimbau kepada kepala desa dan masyarakat untuk sadar dan tetap waspada pada situasi dan kondisi kekiniaan, termasuk soal wabah virus Corona (Covid-19).
Menurut Gus Menteri, sapaan akrabnya, pada situasi dan kondisi seperti kita dituntut untuk melakukan hal-hal yang tidak seperti biasanya.
“Pada situasi dan kondisi seperti saat ini, kita dituntut untuk melakukan sesuatu tidak seperti biasanya, seperti social distacncing misalnya,” ujar Gus Menteri
Gus Menteri menambahkan, kalau biasanya berkumpul bersama, untuk saat ini dihindari dahulu sampai situasi dan kondisinya sudah memungkinkan.
“Kita tahu, bahwa kita makhluk sosial. Social distancing itu memang berat, tapi harus dilakukan. Untuk kebaikan bersama,” kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.
Seperti yang sudah diketahui bersama, Indonesia, baik pemerintah, tenaga medis maupun masyarakat saat ini sedang berjuang melawan covid-19.
Gus Menteri berharap masyarakat tidak panik namun tetap waspada. Semoga covid-19 ini segera berlalu dan kita semua bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya.
Oleh karena itu, tambah Gus Menteri, saya berpesan kepada seluruh kepala desa dan masyarakat pada umumnya untuk bahu-membahu melawan covid-19 ini dengan mengikuti apa yang sudah pemerintah pusat tetapkan. Tentunya dengan yang bisa kita lakukan masing-masing.
“Kita sama-sama berjuang melawan Covid-19 ini. Bagi yang bisa bekerja di rumah ya kerjakanlah dari rumah. Bagi yang belajar di rumah, belajarlah dari rumah. Dan bagi yang biasa ibadah di tempat ibadah, untuk sementara waktu ibadahlah di rumah,” ucapnya
Gus Menteri juga mengingatkan kepada masyarakat yang memang keadaannya menuntut  beraktivitas di luar rumah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah pemerintah tetapkan.
“Bagi yang keadaannya tidak memungkinkan untuk di rumah, tetap laksanakan protokol kesehatan yang sudah pemerintah tetapkan. Jaga kesehatan, jaga kebersihan dan sering-sering cuci tangan pakai sabun. Kita sama-sama berjuang untuk kebaikan bersama dengan kapasitas kita masing-masing .” Pungkas Gus Menteri
Foto: Matin/Kemendes PDTT
Teks: Rifqi/Kemendes PDTT